Rabu, 05 Agustus 2009

Jihad Seorang Istri


Hendaknya seorang wanita muslim, baik di Barat maupun di Timur, menyukai seruan ini.
Bacalah hadits Rasulullah saw. dengan tadabbur (teliti atau cermat), kemudian mengamalkannya agar Allah dapat memper¬baiki keadaannya dan mengampuni dosamu, serta ridha terhadapmu.
Asma' binti yazid ibnus-Sakan r.a., pernah menemui Rasulullah saw., seraya berkata, "Sesungguhnya saya adalah utusan dari kelompok kaum wanita muslimah. Mereka berkata sebagaimana perkataanku ini dan mereka berpendapat sebagaimana pendapatku ini. Sesungguhnya telah mengutus engkau kepada orang laki-laki dan perempuan, kemudian kami beriman kepadamu dan mengikutimu. Kami kaum wanita banyak kekurangan, dipingit, penunggu rumah sedangkan kaum laki-laki diutamakan, dengan diwajibkan kepada mereka shalat Jumat, mereka diperbolehkan untuk menyaksikan pemakaman jenazah dan diperbolehkan pula untuk berjihad. Jika mereka telah ke luar rumah untuk berjihad, maka kamilah yang menjaga harta-harta mereka dan kami pulalah yang mendidik anak-anak mereka. Apakah kami akan mendapatkan pahala sebagaimana pahala mereka ya Rasulullah?".
Mendengar pertanyaan Asma itu, Rasulullah langsung menoleh kepada sahabat-sahabatnya seraya bersabda, " Apakah kalian pemah mendengar sebuah pertanyaan seorang wanita tentang agamanya yang lebih baik dari pertanyaan wanita ini?"
Kemudian para sahabat pun menjawab, "Kami tidak pernah mendengar ya Rasulullah!"
Kemudian Rasulullah saw. bersabda lagi, "Pergilah wahai Asma', dan beritahukanlah kepada wanita-wanita yang berada di belakangmu, bahwa kebaikan pengabdian seseorang di antara kalian terhadap suaminya, dan memohon keridhaan serta ikutnya dia untuk mendapatkan persetujuan suaminya itu dapat menyamai pahala segala sesuatu yang engkau sebutkan tadi. "
Kemudian Asma' pun pergi dengan bertahlil (mem¬baca laa ilaha illallahu) dan bertakbir, karena sangat gembira mendengar jawaban yang diperolehnya dari Rasulullah saw. itu. (HR Abdul Bari di dalam kitab al-Istii'ab dan Muslim di dalam Shahih Muslim).

Tidak ada komentar: