Rabu, 22 Juli 2009

KERITERIA CALON SUAMI YANG OKE


Kriteria Calon Suami

“Tiga hal yang seriusnya dianggap benar-benar serius dan bercandanya dianggap serius: nikah, cerai dan ruju.’” (Diriwayatkan oleh Al Arba’ah kecuali An Nasa’i. Dihasankan oleh Al Albani dalam Ash Shahihah)
“Wanita-wanita yang keji untuk laki-laki yang keji. Dan laki-laki yang keji untuk wanita-wanita yang keji pula. Wanita-wanita yang baik untuk laki-laki yang baik. Dan laki-laki yang baik untuk wanita-wanita yang baik pula.” (QS. An Nur: 26)


Dizaman yang modern ini sebagiaan dari umat ini telah terjebak kepada sebuah persepsi yang sangat mengejutkan mereka dengan terang-terangan menghalalkan sebuah perilaku yang mendekati zina yaitu pacaran, walaupun argumen mereka mengatakan bahwa “kita berpacaran dengan sehat” masya allah…... Mengapa pacaran adalah perbuatan dosa?????itu sudah saya jelaskan dalam artikel yang saya tulis di blog ini. Tapi pembahasan kali ini saya akan mencoba memberikan keriterian calon suami yang baik… ada yang mau, mau, mau tau????oke kita akan membahasnya satu persatu insya allah tulisan saya bermanfaat dan semoga bermanfaat.
Pertanyaannya adalah keriteria calon suami seperti apakah yang ideal???? Apakah calon suami yang ganteng seperti bintang film korea, atau bintang film barat yang sekarang sedang marak-maraknya tampil di televise dan kita tunggu tunggu acaranya. udah ganteng Kaya raya lagi uihhhhhh itu yang paling ideal menurut kita(kebanyakan ngehayal jadi begini neh). Tapi apakah betul pendapat kita itu yok kita bahas menurut kaidah islam
1. seorang suami yang baik adalah orang mukmin yang bertakwa kepada allah. Tidak peduli dia itu ganteng, kaya, miskin atau wajahnya sederhan allah tidak akan menilai ketakwaan seseorang dari harta mau pun paras. mengapa seorang suami atau calon suami harus bertakwa, baca donk keterangan dibawah ini
“ hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada allah dengan sebenar-benarnya taqwa kepadaNya” (Ali-Imron : 102)
Tidak ada orang yang lebih mulia di sisi Allah dari seorang mukmin. (HR. Ath-Thabrani)
• sarat mutlak loh untuk memilih calon suami
Barangsiapa mengucapkan "Laa ilaaha illallah" dengan ikhlas, masuk surga. Para sahabat bertanya, "Apa keikhlasannya, ya Rasulullah?" Nabi Saw menjawab, "Memagarinya (melindunginya) dari segala apa yang diharamkan Allah." (HR. Ath-Thabrani)
• lalu kalo masih menganut prinsip pacaran itu boleh apakah calon suami yang masuk dalam keriteria calon suami yang baik????
Tiap orang yang bertakwa termasuk keluarga Muhammad (umat Muhammad). (HR.Ath-Thabrani dan Al-Baihaqi)

• keren banget cuy walupun tampang lahirnya biasa aja tapi kalo bertakwa dia anggap keluarga rosulullah. Cool man
Kemuliaan dunia adalah kekayaan dan kemuliaan akhirat adalah ketakwaan. Kamu, baik laki-laki maupun perempuan, kemuliaanmu adalah kekayaanmu, keutamaanmu adalah ketakwaanmu, kedudukanmu adalah akhlakmu dan (kebanggaan) keturunanmu adalah amal perbuatanmu. (HR. Ad-Dailami)

• Lagi lagi harta gak penting dibandingkan ketakwaan kita, kenapa coba ada yang tahu??? Karena harta gak bakalan deh kita gembol keliang lahat (seratus buat saya, 1000 buat anda)
Rasulullah Saw ditanya tentang sebab-sebab paling banyak yang memasukkan manusia ke surga. Beliau menjawab, "Ketakwaan kepada Allah dan akhlak yang baik." Beliau ditanya lagi, "Apa penyebab banyaknya manusia masuk neraka?" Rasulullah Saw menjawab, "Mulut dan kemaluan." (HR. Tirmidzi dan Ibnu Hibban)

• nah loh lagi-lagi masalah syahwat alias nafsu, masih mau cari calon suami atau punya suami yang tidak menjaga pandangan dan mengumbar syahwatnya?????
Bertakwalah kepada Allah dimanapun kamu berada dan ikutilah perbuatan buruk dengan perbuatan baik, niscaya menghapusnya. Bergaullah dengan manusia dengan akhlak yang luhur. (HR. Tirmidzi)

• kita disuruh bertakwa maka kita harus cari calon suami yang bertakwa juga, ehm?????

Bertakwalah kepada Allah karena itu adalah kumpulan segala kebaikan, dan berjihadlah di jalan Allah karena itu adalah kerahiban kaum muslimin, dan berzikirlah kepada Allah serta membaca kitabNya karena itu adalah cahaya bagimu di dunia dan ketinggian sebutan bagimu di langit. Kuncilah lidah kecuali untuk segala hal yang baik. Dengan demikian kamu dapat mengalahkan setan. (HR. Ath-Thabrani)
Cukup berdosa orang yang jika diingatkan agar bertakwa kepada Allah, dia marah. (HR. Ath-Thabrani)
• mau marah baca keterangan diatas, merasa kesindir????? Jangan marah donk saya hanya menyampaikan amanah yang harus saya sampaikan

2. Seorang suami atau calon suami yang baik adalah orang yang Bertanggung jawab dan pekerja keras. Kalo dia kaya tapi kerjanya hanya tidur dirumah, gak pernah ngingetin istrinya buat bertakwa gak lah berguna kalo pun guanteng sama kaya raya itu gak ada apa-apanya dibandingkan laki-laki biasa aja yang mencari rizki yang halal, pekerja keras dan cerdas
Sesungguhnya Allah Ta'ala senang melihat hambaNya bersusah payah (lelah) dalam mencari rezeki yang halal. (HR. Ad-Dailami)
• Tuh kan gak penting juga yang kaya kalo hasil kekayaan dari hasil korupsi, boongin orang, aparat yang korup. Makanya ntar kalo udah punya suami jangan marah-marah kalo uang suami pulang Cuma bawa uang sedikit (kalo dia sudah berusaha dengan bersungguh-sungguh) tapi bersyukurlah atas rizki yang allah berikan
Mencari rezeki yang halal adalah wajib sesudah menunaikan yang fardhu (seperti shalat, puasa, dll). (HR. Ath-Thabrani dan Al-Baihaqi)
• Cari calon suami yang bisa nyari rizki yang halal jangan cari suami kaya atau mapan tapi hasil nya gak halal………..jangan deh cari suami yang kerjaannya mendekatkan kepada rizki yang haram karena negara kita ini diisi oleh pejabat dan aparatur pemerintah yang korup walaupun gak semuanya begitu tapi manyoritas cuy……….
Seorang yang membawa tambang lalu pergi mencari dan mengumpulkan kayu bakar lantas dibawanya ke pasar untuk dijual dan uangnya digunakan untuk mencukupi kebutuhan dan nafkah dirinya maka itu lebih baik dari seorang yang meminta-minta kepada orang-orang yang terkadang diberi dan kadang ditolak. (Mutafaq'alaih)
• Tuh kan kalo suaminya Cuma bawa uang dikit kerumah jangan diomelin kasih semangat biar dimerasa dihargai dan lebih berkerja keras
Tapi bukan berarti kita tidak boleh mencari suami yang memiliki kemapanan secara finansial bahkan rasulullah menganjurkan hal ini
Namun kebutuhan akan nafkah ini jangan sampai dijadikan kriteria dan tujuan utama. Jika sang calon suami dapat memberi nafkah yang dapat menegakkan tulang punggungnya dan keluarganya kelak itu sudah mencukupi. Karena Allah dan Rasul-Nya mengajarkan akhlak zuhud (sederhana) dan qana’ah (menyukuri apa yang dikarunai Allah) serta mencela penghamba dan pengumpul harta. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,



“Celakalah hamba dinar, celakalah hamba dirham, celakalah hamba khamishah dan celakalah hamba khamilah. Jika diberi ia senang, tetapi jika tidak diberi ia marah.” (HR. Bukhari).

Selain itu, bukan juga berarti calon suami harus kaya raya. Karena Allah pun menjanjikan kepada para lelaki yang miskin yang ingin menjaga kehormatannya dengan menikah untuk diberi rizki.



“Dan nikahkanlah orang-orang yang masih membujang di antara kalian. Jika mereka miskin, Allah akan memberi kemampuan kepada mereka dengan karunia-Nya.” (QS. An Nur: 32)


3. Calon suami atau suami yang baik adalah bisa menjadi teman, sahabat dikala sempit apalagi disaat lapang Memiliki sifat sabar yang bisa menjadi suami sekaligus sahabat, kakak dan kepala keluarga
“ hai orang-orang yang beriman, bersabarlah kamu dan kuatkanlah kesabaran kamu” (Ali Imran: 200)
“sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas (az-Zumar)
“………………………..sesungguhnya allah beserta orang-orang yang bersabar” (Al-Baqorah : 153)
Sabar adalah separo iman dan keyakinan adalah seluruh keimanan. (HR. Ath-Thabrani dan Al-Baihaqi)
• Makanya cari suami yang sabar mau punya suami yang sering ngomel-ngomel gak jelas, gak bisa jadi pendengar, apalagi ringan tangan(hihihi seram) gak jadi masalah ketika berta’aruf calon suami kita jarang ngomong atau jarang bercanda karena bercanda yang halal adalah bercanda dengan istinya
Tidak ada suatu rezeki yang Allah berikan kepada seorang hamba yang lebih luas baginya daripada sabar. (HR. Al Hakim)
• Tuh kan orang sabar itu suatu rizki
Sabar yang sebenarnya ialah sabar pada saat bermula (pertama kali) tertimpa musibah. (HR. Bukhari)
Ada tiga hal yang termasuk pusaka kebajikan, yaitu merahasiakan keluhan, merahasiakan musibah dan merahasiakan sodaqoh (yang kita keluarkan). (HR. Ath-Thabrani)
Orang yang bahagia ialah yang dijauhkan dari fitnah-fitnah dan orang yang bila terkena ujian dan cobaan dia bersabar. (HR. Ahmad dan Abu Dawud)
• Udah kehabisan kata-kata pokonya cari calon suami yang sabar ya….oke

4. Taat beribadah. Aduhai indahnya jika kita memiliki suami yang taat beribadah. So sweat banget kalo tiap hari kita berjamaah sholat dirumah, membaca Al-Qur’an bersama suami kita pokoknya damai banget dah
Laksanakan ibadah sesuai kemampuanmu. Jangan membiasakan ibadah lalu meninggalkannya. (HR. Ad-Dailami)

Penjelasan:
Yang dimaksud ialah ibadah selain yang fardhu.

Amal (kebaikan) yang disukai Allah ialah yang langgeng meskipun sedikit. (HR. Bukhari)

Sebaik-baik ibadah ialah yang dirahasiakan (tidak dipamerkan). (HR. Asysyihaab)
Allah Azza Wajalla berfirman (hadits Qudsi): "Hai anak Adam, luangkan waktu untuk beribadah kepada-Ku, niscaya Aku penuhi dadamu dengan kekayaan dan Aku menghindarkan kamu dari kemelaratan. Kalau tidak, Aku penuhi tanganmu dengan kesibukan kerja dan Aku tidak menghindarkan kamu dari kemelaratan." (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah)
Memang suatu yang ideal jika kita memilih calon suami yang ganteng (enak dipandang), mapan secara finansial, akan tetapi lebih dianjurkan untuk memilih suami yang bertakwa kepada allah SWT. Banyak-banyak berdoa kepada allah agar kita mendapatkan suami yang sesuai dengan keriteria agama dan spesifikasi pribadi, karena senjata orang yang beriman adalah Doa. Allah adalah tempat meinta dan memohon pertolongan so minta lah sama Allah. Perlu saya ingatkan lagi apabila kita ingin mendapatkan sosok suami yang baik maka kita harus baik juga. Semoga tulisan ini bisa membantu kita sebagai bahan renungan dan semoga kita termasuk orang2 yang diterima taubatnya
Waallahualam……………………….

1 komentar:

trirest mengatakan...

Insya Allah semoga Allah merahmati orang-orang yang saling memberikan ilmu....