Jumat, 24 Juli 2009

Hari Gini Masih Menyingkat Salam???


“assalaamu’alaikum warahmatullah wabarakaatuh”

Saudara-saudariku sekalian adalah wajib bagi kita untuk menjawab salam dari saudara/I nya. Sebagaimana yang dijelaskan dalam sabda rasulullah ada enam hak seorang muslim/muslimah yang perlu segera dilakukan

“hak kewajiban seorang muslim enam. Ditanya: ‘apakah itu ya rasulullah?’ jawabnya: “jika bertemu harus diberi salam. Jika diundang harus didatangani, jika meminta nasihat harus ditunjukan yang benar harus(dinasehati), jika bersin dan membaca Alhamdulillah harus didoakan: “yarhamukallah”, jika sakit harus dijenguk, jika mati harus diantarkan jenazahnya”(Abullaits Assamarqandi. Tanbihul Ghaafiliin. Cet. Ke 5, jilid 1 hl.228).

Ketika jaman terus maju namun semakin banyak kita menggampangkan suatu hukum, dengan era teknologi ini kita mulai terbiasa mengunakan istilah-istilah singkatan, yang sebenarnya kita juga bisa dan ringan untuk melakukannya. Salah satu contoh umat islam di Indonesia mulai terbiasa menyingkat-nyingkat salam, padahal kita tahu bahwa salam itu adalah hak seorang muslim terhadap muslim yang lain. Apakah pantas kita menyingkat suatu doa????apakah pernah nabi dan rasul kita menyingkat salam????apakah kalian tahu arti dari salam dan tujuannya????jika engkau mengerti niscaya saat mengirim sms pun tidak akan disingkat dari assalaamualaikum menjadi ass(maaf =pantat dalam bahasa inggris) atau askum(?????) jika kita menjawabnya seperti itu kita tidak tahu apakah perbuatan itu mendatangkan pahala atau dosa.

Ada beberapa teman saya yang menyatakan bahwa maksudnya salam yang disingkat adalah assalaamualaikum dan selalu beralasan bahwa yang terpenting niatnya……???? Dalam beribadah kita harus mengikuti apa yang diajarkan oleh rasulullah tak terkecuali salam, dan dalam al-quran kita tidak boleh memudah-mudahkan suatu perkara……..
Renungkanlah ayat dibawah ini

27. Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu memasuki rumah yang bukan rumahmu sebelum meminta izin dan memberi salam kepada penghuninya. yang demikian itu lebih baik bagimu, agar kamu (selalu) ingat.(an-nur)

24. Sudahkah sampai kepadamu (Muhammad) cerita tentang tamu Ibrahim (Yaitu malaikat-malaikat) yang dimuliakan?(adz-dzariyat 24)

25. (ingatlah) ketika mereka masuk ke tempatnya lalu mengucapkan: "Salaamun". Ibrahim menjawab: "Salaamun (kamu) adalah orang-orang yang tidak dikenal." (adz-dzariyat 25)


Cara mengucapkan salam
Bagi orang yang memulai, dianjurkan untuk mengucapkan, “assalaamu’alaikum warahmatullah wabarakaatuh”(semoga keselamatan, kasih sayang dan berkah terlimpahkan kepada kalian semua). Walaupun yang dimaksud adalah satu orang. Sedangkan yang mendengarkan dan menjawabnya di tambahkan ‘wa’alaikumussalam warahmatullah wabarakaatuh”

Imran bin Al-Hushain ra. Berkata “seseorang telah datang menemui rasulullah Saw. Dan mengucap“assalaamu’alaikum.” Nabi saw. Menjawabnya lalu orang itu duduk. Kemudian nabi bersabda, “sepuluh.” Orang kedua dating dan mengucapkan“assalaamu’alaikum warahmatullah” nabi saw menjawabnya lalu orang itu duduk. Kemudian Nabi bersabda, “dua puluh”. Orang ketiga datang dan mengucapakan, “ assalaamu’alaikum warahmatullah wabarakaatuh” Nabi menjawabnya lalu orang tersebut duduk. Kemudian Nabi saw pun bersabda, “tiga puluh” (HR Abu Dawud dan Tirmidzi)
Jika yang membaca salam dengan assalaamu’alaikum hanya mendapatkan sepuluh maka yang membaca salam dengan ass, askum, aslm mendapatkan apa???? Waallahualam
Semoga kita termasuk orang-orang yang tawadhu dan orang-orang yang diterima taubatnya…………….amin




Tidak ada komentar: